Arsip

Mengenal Paper Quilling

paper quilling merupakan seni menggulung kertas, sehingga menjadi berbagai bentuk yang di inginkan baik 2 dimensi atau pun 3 dimensi. Bentuk yang sering dibuat untuk paper quilling diantaranya bunga, binatang dan boneka orang-orangan.

Paper quilling biasanya menggunakan kertas warna-warni dengan lebar kertas 3mm, 5mm dan 1cm. Kertas bisa didapat dengan cara memotong-motong kertas dengan menggunakan cutter atau gunting sesuai dengan ukuran yang di inginkan, atau dapat juga menggunakan alat penghancur kertas sederhana seperti gambar di bawah ini.

DSC00833

alat pemotong kertas ini, dulu saya dapat dengan membeli di toko online tokopedia, harganya saya lupa, kira-kira rp. 75.000an. Hanya saja bila menggunakan alat seperti diatas, ukuran lebar kertas hanya bisa 3mm saja, tapi dengan kertas lebar 3mm kita sudah bisa dapat berkreasi membuat paper quilling kok.

 

 

 

untuk bentuk-bentuk dasar dalam membuat paper quilling, dapat dilihat pada gambar berikut ini

bentuk dasar pq

 

 

 

 

 

 

 

Belajar Membuat Paper Quilling

Paper quilling merupakan seni menggulung kertas, sehingga menjadi bentuk yang di inginkan, bisa 2 dimensi atau 3 dimensi. Tertarik buat paper quilling, karena liat liputan tentang paper quilling di tv.

Setelah dicoba, buat paper quilling susah-susah gampang dan harus telaten. Untuk kamu yang pemula kayak saya, bisa belajar tahap awal buat paper quilling di link ini. Di link itu di jelasin semua step by stepnya, pasti bisa deh.

Untuk membuat paper quilling, memang ada kertas khususnya, tapi kita bisa pake kertas apa aja kok, yang penting jangan terlalu tebal, biasanya yang di gunakan kertas yang beratnya 70 – 90 gram. Pake kertas bekas/koran juga bisa kok, tapi hasilnya kurang bagus,,kayak yang saya buat ini nih,,,warnanya ga keliatan,tapi mungkin kalo yang kreatif bisa lebih bagus ya ^_*

Karena pake kertas bekas kurang bagus, akhirnya saya cari kertas di toko buku, dan nemu deh kertas yang sesuai, yaitu kertas concorde berat 70 gram sama 90 gram, dan untuk alasnya saya pake kertas concorde ukuran 220 gram.

Setelah cari-cari gambar yang bagus dan mudah, akhirnya saya nentuin mau buat bunga lagi,, dan hasilnya begini. Yang mau coba buat juga, selamat mencoba ya.

Paper Replika (Ichi no gami)

Ichi no gami merupakan pengembangan dari Origami, yaitu seni melipat kertas sehingga menjadi bentuk yang diinginkan.

Salah satu Ichi no gami yang berhasil saya buat,,,

 

 

 

 

 

 

namanya boneka Sikojo, desainnya saya ambil dari website salazad.com. Buat yang pengen coba buat,,bisa cari gambar modelnya di internet di print,trus tinggal dirakit deh,,,